SELAMAT DATANG DI BLOG "MARI BELAJAR MATEMATIKA" IGI DAN PEMBELAJARAN ABAD 21

Breaking News

MARI BELAJAR

MARI BELAJAR BERSAMA PAK RADDY

SELAMAT BELAJAR

Laman

Minggu, 23 Oktober 2016

IGI DAN PEMBELAJARAN ABAD 21

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ABAD 21

pembelajaran abad 21Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah gaya hidup manusia, baik dalam bekerja, bersosialisasi, bermain maupun belajar. Memasuki abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali dibidang pendidikan. Guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, pendidik dan peserta didik dituntut memiliki kemampuan belajar mengajar di abad 21 ini. Sejumlah tantangan dan peluang harus dihadapi siswa dan guru agar dapat bertahan dalam abad pengetahuan di era informasi ini.

Karakteristik abad 21 ditandai dengan semakin bertautnya dunia ilmu pengetahuan, sehingga sinergi diantaranya menjadi semakin cepat. Dalam konteks pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan, telah terbukti dengan semakin menyempit dan meleburnya faktor “ruang dan waktu” yang selama ini menjadi aspek penentu kecepatan dan keberhasilan ilmu pengetahuan oleh umat manusia (BSNP, 2010). Abad 21 juga ditandai dengan banyaknya (1) informasi yang tersedia dimana saja dan dapat diakses kapan saja; (2) komputasi yang semakin cepat; (3) otomasi yang menggantikan pekerjaan-pekerjaan rutin; dan (4) komunikasi yang dapat dilakukan dari mana saja dan kemana saja (Litbang Kemdikbud, 2013).

Pendidikan Nasional abad 21 bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu masyarakat bangsa Indonesia yang sejahtera dan bahagia, dengan kedudukan yang terhormat dan setara dengan bangsa lain dalam dunia global, melalui pembentukan masyarakat yang terdiri dari sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu pribadi yang mandiri, berkemauan dan berkemampuan untuk mewujudkan cita-cita bangsanya (BSNP, 2010).

MERAWAT POFESI GURU DENGAN IGI

ikatan guru indonesiaGuru adalah garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan meningkatkan kompetensi sesuai dengan amanat UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen salah satunya adalah kompetensi profesional menjadi harga mutlak bagi kita "guru". Amanat undang-undang guru dan dosen pasal 41 menyatakan setiap guru wajib bergabung pada organisasi profesi, untuk meningkatkan karir dan mutu guru. Setiap tanaman yang akan dirawat, dimungkinkan menggunakan perawatan dengan cara atau pupuk apapun, tidak saja hanya pada merek tertentu. Demikian juga organisasi profesi guru. Sayangnya ruh undang-undang ini tidak tersosialisasi dengan baik sehingga yang terjadi di lapangan, hanya didominasi oleh organisasi dengan merek tertentu. Demikian juga terjadi pada tanaman, yang kadang sulit menentukan pilihan pupuk perawatan, karna yang tersedia hanya ada dengan merek tertentu. Padahal Pemerintah pusat telah melegalkan beberapa organisasi profesi yang pantas mendampingi profesi guru dalam meningkatkan mutu dan profesinya. 
Setidaknya ada 6 organisasi profesi yang terakhir diakui bahkan sempat diundang pemerintah dalam hal ini kemendiknas dalam berbagai kegiatan untuk membahas upaya peningkatan mutu, di antaranya , PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), PERGUNU(Persatuan Guru Nahdatul Ulama), PGSI (Persatuan Guru Seluruh Indonesia), FGSI (Federasi Serikat Guru Seluruh Indonesia), Federasi Guru Independen Indonesia (FGII). Dari sekian banyak organisasi guru hanya PGRI dan IGI lah yang kini memiliki kepengurusan pusat hingga daerah, karna organisasi profesi guru lainnya tidak membuka perwakilannya di seluruh daerah dan haya berkonsentrasi penuh pada kantong kantong pendidikan di wilayah popinsi tertentu.
Ikatan guru Indonesia lahir dimotori oleh beberapa guru yang berkonsen pada peningkatan kualitas, inisiasi awal IGI bermula ketika dibentuknya klub Guru yang berkonsen pada peningkatan kualitas guru melalui pelatihan dan pendampingan guru. Setelah disahkan oleh pemerintah melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal 26 November 2009. IGI,diharapkan menjadi wadah para guru agar bisa mengubah dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain dan sekaligus bersiap menjadi lokomotif penggerak perubahan bagi bangsa. Dengan motto "Sharing and Growing Together", Ikatan Guru Indonesia akan menjadi komunitas yang tepat bagi para guru dan siapa saja yang tertarik dan peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan. Perwakilan IGI kini hadir di 34 propinsi di Indonesia, bukan saja di ibu kota propinsi tapi semangat guru IGI telah hadir di berbagai kabupaten kota hingga pelosok desa. Termasuk sebagian besar wilayah Indonesia Timur. 

SAGUSABLOG

sagusablog
SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia,yang dimotori oleh mr mung. Kegiatan yang di selengarakan secara online melalui aplikasi telegram. Dengan moto sharing and growing together Peserta workshop bisa memanfaatkan sarana chating di group dengan mentor dan peserta lain untuk diskusi, saling membantu, menyampaikan permasalahan ketika mempraktekan modul/ video panduan yang ada. Suatu gerakan inovasi baru dunia pendidikan.

MATERI KELAS SAGUSABLOG
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mendesain template blog guru dengan template bawaan blogger
  3. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ke 3
  4. Mendesain header blog guru
  5. Mengelola Blog guru
    • posting laman, artikel, teks, gambar dan vidio
    • membuat kategori artikel
    • membuat menu blog guru
    • membuat link dalam tulisan
    • membuat link download dari google drive
  6. Membuat soal online di google drive
  7. SEO (Search Engine Optimization) (Tingkat Lanjut
  8. Monetize Blog (Tingkat Lanjut)
  9. Custom Domain (Tingkat Lanjut)

Sampai dengan tulisan ini saya buat, saya masih belajar membuat blog pembelajaran ini, kepada mr mung dan para mentor yang telah membimbing saya semoga amalan bapak selalu dalam lindungan Allah SWT, amin.

Masohi, 23 Oktober 2016
Salam hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih

TELAH BERKUNJUNG DI BLOG KAMI

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog